Cilacap kota pojok yang ada di ujung jawa tengah dengan segala macam keuinikan yang tersedia

Newsletter

Contoh Surat Berita Acara Adjustment Stock Gudang

Dalam proses penyusunan Laporan Inventory, Sales & Keuangan, rekonsiliasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Melakukan rekonsiliasi berarti mencoba untuk membenarkan pencatatan semua transaksi Penjualan dan yang dikeluarkan di Inventory serta berapa uang yang diterima keuangan yang ada di perusahaan dengan pencatatan Bank atas transaksi keuangan perusahaan. Pada prinsipnya, pencatatan Bank adalah selalu benar.

Dalam akuntansi terapan di Indonesia kita mengenal yang namanya SAK (Standar Akuntansi Keuangan). Standar inilah yang menjadi tolak ukur atau panduan proses pencatatan akuntansi di sebuah perusahaan. Standar ini pula yang menjadi “kitab” pembenaran atas penyajian sebuah Laporan Keuangan. Yang jelas, seimbangnya posisi debit dan credit menjadi hasil akhir sebuah Neraca Laporan Keuangan perusahaan.
Inventory harus berdasarkan perintah sales untuk mengeluarkan barang. Apabila inventory melakukan pengeluaran barang atas dasar adjustment yang lain seperti pengeluaran barang karantina (barang rusak, habis masa aktif, dalam proses return ke vendor). dan penerimaan stok yang tidak sesuai dengan berita acara penerimaan barang, inventory harus membuat adjustment tersendiri yang diketahui oleh sales dan keuangan.

Sales harus dengan kwitasi, dan atau berita acara ketika akan melakukan penjualan dan mutasi barang. Untuk mutasi harus dibagi dua, pertama mutasi barang yang sudah dipindah masih menjadi inventaris gudang lama sehingga jika ada penjualan atau transaksi barang, billing akan mengacu pada gudang lama, dan yang kedua barang yang sudah dipindah menjadi inventaris gudang baru, billing akan mengacu pada posisi gudang baru. Untuk pencatatan laporan, sales harus beriringan dengan kondisi available di warehouse inventory.
Rekonsiliasi bank, dimana harus mencocokkan antara pencatatan di General Ledger dengan Pencatatan yang ada direkening Koran perusahaan. ( Ancap harus sesuai dengan penjualan dan uang masuk).

Selanjutnya ketiga divisi menjalannya proses rekonsiliasi, menghasilkan outstanding items yang selanjutnya harus disesuaikan dengan jalan membuatkan penyesuaian (adjustment) atas kesalahan pencatatan tersebut. Adjustment harus disesuaikan dengan barang vailable di Inventory, Penjualan, dan uang yang diterima.
Berita acara adjustment dari semua cabang, BO dan OS akan dijadikan bahan rekonsiliasi wilayah yang selanjutnya akan diterbitkan Berita acara adjustment wilayah yang akan dikirim Kepusat.
















BERITA ACARA
“ADJUSMENT STOCK SISTEM”

Pada hari ini Kamis Tanggal 08 Desember 2016
Telah terjadi adjusment stock sistem untuk item, sebagai berikut :
1.       Pudding kacang hijau                                                         37 pcs
2.       Pudding caramel                                                                11 pcs
3.       Pudding santan rasa pandan                                               25 pcs
4.       Pudding Stroberi                                                                11 pcs
5.       Pudding Mangga                                                                 6 pcs
6.       Pudding Capucino                                                               5 pcs
7.       Pudding Coklat                                                                    2 pcs
8.       Pudding Vanilla                                                                     8 pcs
9.       Pudding Lapis Gula Jawa                                                      2 pcs

dimana item tersebut dikeluarkan/dimutasi dari gudang utama ke gudang bs dikarenakan rusak (dimakan tikus). Demikian berita acara ini kami buat untuk kepentingan bersama. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Cilacap, 08 Desember 2016
Hormat kami,                                                          Mengetahui,                                     



.......................     ...........................     .........................            .........................         
Kep. Gudang          Checker BS              Operator                      Supervisor




0 komentar:

Posting Komentar

Next Posting Lama
Contoh Surat Berita Acara Adjustment Stock Gudang